,

Peringatan Hari HAM Sedunia di Kupang Diwarnai Aksi Seribu Lilin

FOTO : Istimewa

TEROPONGNTT, KUPANG – Peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia di Kota Kupang diwarnai aksi menyalakan seribu lilin di Tugu HAM yang beralamat di jalan Ikan Paus LLBK Kupang, Sabtu (10/12/2016) malam.

Aksi seribu lilin yang diprakarsai Forum Peduli Kemanusiaan Kupang ini ikuti utusan lintas agama dan pegiat LSM.

Menurut catatan sejarah, Tugu HAM Kupang dibangun sejak tahun 1945 dan diresmikan langsung oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno.

Berdasarkan alasan itulah, Forum Peduli Kemanusiaan Kupang memilih Tugu HAM sebagai lokasi aksi menyalakan seribu lilin dalam memperingati hari HAM Sedunia. Seribu lilin sebagai bentuk kesedihan dan duka atas pelanggaran HAM yang masih banyak terjadi di bumi Flobamora ini.

Selain menyalakan seribu lilin, Forum Peduli Kemanusiaan Kupang bersama utusan lintas agama dan pegiat LSM juga gelar Renungan Bersama tentang pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia terutama di wilayah NTT.

Dalam renungan terungkap berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia, seperti kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan, kasus perdagangan orang, kasus kemerdekaan beragama dan kebebasan penyampaikan pendapat.

Khusus di wilayah Provinsi NTT, pelanggaran HAM terbanyak terjadi dalam kasus perdagangan orang dan eksploitasi tenaga kerja.

Setidaknya, terungkap, hingga akhir tahun 2016 tercatat sebanyak  56 TKI Indonesia asal NTT dipulangkan dalam keadaan tidak bernyawa atau meninggal dunia. Penyebab tewasnya para TKI, umumnya karena mendapat perlakuan kasar saat bekerja di luar negeri.

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *