, , ,

Pertarungan Kursi Gubernur DKI Terus Memanas

FOTO : Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

TEROPONGNTT, JAKARTA – Pertarungan politik memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta terus memanas. Upaya menjegal langkah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi pemicunya. Walikota Surabaya, Tri Rismaharini bakal menjadi pesaing utama jika PDIP kemudian mengusungnya, selain Sandiaga Uno yang diusung partai Gerindra.

Ahok yang sebelumnya digadang-gadang bakal menempuh jalur independen dengan dukungan komunitas Teman Ahok, akhirnya memilih kendaraan partai politik untuk maju dalam pertarungan pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Secara resmi Ahok diusung Partai Golkar, Nasdem dan Hanura.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, Gembong Warsono, mengatakan partainya menghargai dan menghormati sikap dan keputusan yang diambil Ahok. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut  tidak gentar setelah mendengar kabar itu. Meski demikian, keinginan PDIP untuk mengusung Tri Rismaharini, masih belum mendapat kepastian.

Sementara itu, Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memilih Sandiaga Uno untuk diusung di Pilgub DKI 2017. Selain Partai Gerindra, Sandiaga juga sudah ada lampu hijau dari PKS.
“Alhamdulillah hari ini mendapat kabar, PKS memutuskan mendukung Sandi Uno untuk DKI yang lebih siap,” kata Sandiaga di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Minggu (31/7/2016).

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menyarankan partai politik tidak memaksakan kehendak dalam mengusung calon Gubernur DKI Jakarta bila ingin serius menjegal langkah calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Kalau semua egois dan menyodorkan calon, itu sudah menjadi keuntungan elektoral bagi Ahok,” kata pria dengan sapaan Ipang itu, Kamis (4/8/2016).

Ipang mengatakan, saat ini Ahok belum memiliki lawan tanding yang sebanding dalam kontestasi pemilihan kepala daerah Jakarta 2017. Apalagi hampir semua lembaga survei menempatkan elektabilitas Gubernur Jakarta itu di posisi teratas. Penantang serius Ahok hanya bisa didapat jika partai mau rembuk bersama dan membentuk koalisi besar. (*/berbagai sumber)

 

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *