, ,

Untuk Pertama Kalinya BPK RI Audit Pengelolaan Keuangan Undana

FOTO : Ilustrasi

TEROPONGNTT, KUPANG – Selama sebulan lebih, tepatnya tanggal 28 November hingga 31 Desember 2016, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) melakukan audit terhadap pengelolaan keuangan di Universitas Nusa Cendana (Undana). Ini merupakan yang pertama kalinya, BPK RI melakukan audit terhadap pengelolaan keuangan di universitas kebanggan masyarakat NTT tersebut.

“Selama ini Undana belum pernah mendapat kesempatan diaudit oleh tim BPK maupun BPKP. Karena itu, kehadiran tim audit BPK RI sangat berarti bagi Undana untuk menjaga dan mengantisipasi penggunaan keuangan Negara,” kata Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph. D.

Prof Benu mengatakan hal ini pada acara entry meeting (rapat pembukaan) bersama tim audit BPK RI di ruang teater lantai tiga Gedung Rektorat Undana, Senin (28/11/2016) siang. Tim BPK RI dipimpin Riadmoko Sad Gentur bersama tiga anggota yakni Dewa Ayu Rieva Intan, Iim Surya Pinanto dan Fuad Arif Budiyanto.

Oleh karena itu, Prof Benu meminta jajarannya di Universitas Nusa Cendana (Undana) agar kooperatif memberikan semua dokumen keuangan guna melancarkan tugas tim BPK RI melakukan pemerikasaan keuangan. Untuk memperlancar pelaksanaan audit, tim BPK RI akan ditemani tim Satuan Pengawas Internal (SPI) Undana, karena SPI telah membagi jadwal dan tugas masing-masing.

Sementara Ketua Tim Audit BPK, Riadmoko Sad Gentur mengatakan, kegiatan audit keuangan di Undana, sebagai pendukung laporan keuangan terhadap pemeriksaan intern laporan keuangan Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2016. Bukan cuma Undana yang didatangi Tim BPK RI, tapi juga beberapa universitas lain di Ambon, Makasar, Gorontalo dan di Kalimantan.

“Kami berharap semua pihak di Undana bisa berkewajiban memberi informasi dan data untuk diperiksa,” kata Riadmoko.

Entry Meeting juga dihadiri Pembantu Rektor Bidang Akademik, Dr. David B. W. Pandie, MS, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Simon S. Ola, para dekan, dan pimpinan Undana lainnya. (nia)

Komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *